Menggapai Berkah di Bulan Ramadan 1436H Bersama #ngaBLOGburit

23 Jun 2015

Alhamdulillah. Ramadan 1436 Hijriyah telah tiba. Bulan penuh berkah dan ampunan untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia. Ketika seluruh amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. Pintu ampunan terbuka lebar selebar agkasa. Di bulan inilah umat manusia diberi kesempatan untuk menguji keimanan sebelum mensucikan diri kembali di hari raya Idul Fitri nanti. Iya, berpuasa itu adalah salah satu ujian kesabaran yang paling indah. Bagaimana tak indah, di bulan ini kita sering bersinggungan dengan hal yang membatalkan puasa. Ketika menonton TV, iklan sirup atau minuman segar semakin sering tayang. Asyik di media sosial, tak hanya makanan dan minuman, gambar-gambar pun kadang bisa membatalkan puasa jika tak kuat. Di rumah, bekerja, jalan-jalan, bahkan belajar pun kita bisa diuji dengan sesuatu yang menuntut kesabaran kita. Bagaimana tak indah jika lisan kita menjadi sedemikian sering beristighfar agar tetap sabar dan tak batal puasanya.

Ramadhan 1436H ini adalah Ramadhan yang istimewa bagi saya. Selain ingin menggapai berkah Ramadan, di bulan ini, saya kembali mempunyai usaha mebel setelah 3 tahun vakum pasca bangkrut. Meski harus bekerja lebih keras, namun pesanan 1 kontainer harus selesai tanggal 5 Juli ini. Saya pun harus bekerja lebih keras daripada semua pegawai di gudang. Memberi mereka contoh dan semangat, bahwa di Ramadan pun kita harus tetap mencari rejeki. Meski canda dan cerita tetap ada di gudang, namun tangan tetap bekerja.
Bulan Ramadan 1436H ini juga bulan istimewa bagi saya. Ini adalah pertama kalinya saya ikut #ngaBLOGburit. Saya menetapkan diri harus bisa ikut berkompetisi menulis. Bagi saya yang pernah menulis harian di blos Susindra Craft, menulis harian di #Newblogdetik insyaAllah bukan halangan. Jam 3 sore saya harus melihat posting di NgaBLOGburit dan menyiapkan bahan. Saya melakukannya tetap sambil bekerja di gudang. Seperti biasa, tangan boleh bekerja, tetapi otak juga bisa menangkap ide dan meramu cerita. Butuh keinginan dan ketekunan untuk melakukannya.

Meggapai berkah Ramadan 1436H ini saya lakukan dengan selalu mengingat prinsip dasar Ramadan yaitu:

  1. Harus meyakini bahwa Ramadan adalah bulan penuh berkah. Jika saya atau kita meyakini bahwa Ramadan adalah bulan penuh berkah, maka kita akan berusaha sekuat mungkin untuk menggapai berkah-Nya. Bahkan ketika harus bekerja ekstra keras, kita tetap menjalankan ibadah semaksimal mungkin dengan memperbanyak doa’ istighfar, berpuasa penuh, memperbanyak zakat, dan amalan kebaikan lainnya.
  2. Harus terus ingat bahwa Ramadhan hanya satu dari 12 bulan saja dan hanya datang setahu sekali. Jika kita terus mengingat hal ini, kita akan mempergunakan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah.
  3. Jangan menggunakan waktu di bulan Ramadan untuk kesia-siaan seperti 11 bulan lainnya. Daripada nongkrong tanpa tujuan yang berpahala lebih baik ikut majelis yang menyiarkan dakwah, yang mengajak tadarus Al Qur’an.
  4. Perbanyak amal ibadah. Puasa, zakat, sedekah, sholat wajib dan sunnah, ikut pengajian, itulah kegiatan yang sebaik-baiknya dilakukan selama bulan puasa. Kegiatan-kegiatan ini bukanlah kegiatan yang menyita waktu berharga kita. Malahan, inilah iobadah yang  paling berharga dan dapat dilakukan di antara waktu kita menjemput rejeki.
  5. Meluangkan diri selama sebulan ini untuk mendekati Allah setelah 11 bulan lebih banyak mengejar keduniawian. Saya senang melihat penjual yang berhenti bekerja setiap Ramadan. “Ramadan hanya 30 hari dalam 1 tahun, mengapa memburu harta?” demikian pendapat beberapa pedagang yang saya kenal. Saya pun sepedapat. Saya memiliki malam-malam panjang bersama-Nya tuk mereguk kedamaian. Itulah harapan saya sampai Ramadan tahun ini berakhir.
  6. Perbanyak belajar dan membagi ilmu. Poin kelima inilah poin yang sangat diminati para blogger. Termasuk saya. Justru di bulan Ramadan inilah, keinginan saya mencari ilmu dan membagi ilmu semakin kuat. Ketika puasa, saya membatasi dari kegiatan sia-sia. Maka ketika itulah, saya lebih mudah belajar dan lebih mudah menuliskan sesuatu. Apalagi ada #ngaBLOGburit yang mau memberikan tema tulisan dan sekaligus memberi reward sebesar Rp 1.000.000,- bagi yang beruntung. #ngaBLOGburit memang kegiatan sore hari yang ditunggu para bloggerdetik.

Itulah cara menggapai berkah Ramadhan 1436H yang dapat saya sarankan. Ini adalah saran, renungan dan ajakan untuk saya pribadi dan teman-teman pembaca Catatan Wanita. Semoga Ramadan tahun ini kita menjadi insan yang beruntung. Aamiin ya rabbal aalamiin.

ngaBLOGburit 2015


TAGS


-

Catatan Saya

Susi Ernawati
@susierna

Search

Recent Post